CARA MENGATASI REM TANGAN BLONG


Berikut ini saya sampaikan pengalaman saya cara mengatasi hand brake / rem tangan yang blong ( tidak pakem ) pada mobil Kijang LSX diesel tahun 2000.
Rem tangan atau sering kita sebut Hand brake merupakan komponen mobil yang cukup vital, terutama saat parkir atau menghadapi medan yang naik turun bukit.

Berikut cara untuk mengatasi rem tangan / hand brake yang blong  ( tidak pakem )
1.      Cek kondisi kampas rem roda belakang karena pada dasarnya rem tangan ( hand brake ) hanya bekerja pada ram belakang.
2.      Kalo kondisi kampas rem masih bagus coba setel jarak tarik rem tangan. Caranya :
    1. Buka konsol boks tengah. Jumlah dan posisi baut berbeda, tergantung pada merek kendaraan.
    2. Setelah terbuka, Perhatikan mekanik didalamnya, putar baut penyetel pakai kunci 10.
    3. Putar ke kiri untuk meninggikan jarak tarik rem tangan, atau putar ke kanan untuk membuat rem tangan lebih pakem dan memperpendek jarak tarik rem tangan tersebut.
    4. Banyaknya jumlah putaran disesuaikan dengan posisi tuas rem tangan yang diinginkan.
Contoh gambar pada mobil kijang LSX (saya tidak bisa memfoto langsung dan tidak bisa mendaptkan gambar yang sesuai jadi saya ilustrasikan dari gambar yang saya temukan di internet dengan sedikit saya edit) :
konsole box kijang
menyetel rem tangan kijang
Kemungkinan lain yang membuat rem tangan ( hand brake ) tidak fungsi alias blong , seperti yang pernah saya alami pada mobil kijang LSX  diesel saya. Setelah dibwa ke bengkel kampas rem diganti , tapi hand brake tetap gak bekerja dengan baik, bengkel pun memutuskan untuk ganti kabel hand brake ( rem tangan  )  karena uda rusak sehingga seret (keras),harganya sekitar 300 ribu dan harus pesan dulu karena gak ada stock.

Karena merasa kurang puas dengan hasil kerja bengkel, saya beranikan diri untuk membongkar sendiri rem tangan tersebut. ( maklum antara kreatif, pelit, dan gak punya duit tuh bedanya tipis ) wahahahah. Setelah cek punya cek ternyata masalahnya bukan karena kabelnya seret dan harus ganti namun saat tuas rem ditarik kabel rem tidak mau menarik rem kedua sisi roda. umumnya, rem yang tidak ikut ketarik adalah sebelah kanan karena kabelnya merupakan sambungan ( perpanjangan dari kabel utama yang langsung terhubung ke rem sebelah kiri). Berikut ilustrasi cara kerja rem tangan pada kijang LSX diesel.(saya rasa cara kerja dimobil lain juga gak jauh beda / hampir mirip)
cara kerja hand brake pada Kijang LSX diesel
Solusinya :
  1. Pastikan kabel rem menarik rem di kedua sisi roda.
  2. Jika tidak, lepaskan semua kabel rem.
  3. Lumasi kabel rem dengan oli.
  4. Pastikan kabel rem bekerja dengan baik (tidak seret)
  5. beri ring pada posisi seperti gambar diatas ( tebal dan banyaknya ring sesuaikan dengan kebutuhan)
  6. Pasang kembali kabel rem pada tempatnya.
  7. Atur keketatan kedua sisi nya. Jika sala satu sisi masih tidak mau menarik rem anda bisa menambahkan beberapa ring lagi. atau sebaliknya jika terlalu ketat anda bisa melepaskan beberapa ring.
  8. setelah terpasang dengan benar coba lakukan pengetesan
  9. dan jika kedua sisi rem sudah tertarik saat tuas hand brake di tarik anda tinggal menyetelnya dengan memutar baut -10 di tangkai tuas rem tangan
Selamat mencoba, cara ini berhasil buat saya. dan menghemat 300 ribu. :)
17 Responses
  1. ujang Says:

    bagus bro .. aku udah lama dibikin pusing ama hand brake kijang ku. padahal uda ganti kampas rem, di setel ininya lah itunya lah. ganti kabel rem juga udah tapi hasilnya tetep aja. gak bisa pakem. agak ngerem sih tapi gak pakem banget. thanks bro. tar tak coba prak tekin.


  2. jimmy Says:

    wow.. keren bro. aku uda coba dan berhasil. gua habis banyak ngurusin and rem kijang gua. akhirnya terselesaikan hanya dengan modal ring per 5 biji = 1500 perak. makasih postingnya nya bro


  3. titan Says:

    suwun mas comentnya . disini saya sekedar ingin berbagi dan mencurahkan uneg2 aja. syukur deh kalo postingan tentang hand rem ini bisa membantu.


  4. rudi Says:

    bagus bro posting trus. tips nya manjur


  5. Anonymous Says:

    thanks infonya sangat bermanfaat


  6. Anonymous Says:

    bagus share info yg berpengalaman, mungkinKAH juga mobil sedan handbrake rem-nya roda belakang juga?? Kemaren ane minta dicek handbrake ga fungsi, trus distel doank ama teknisi tetapi tetap aja ga fungsi alias blong. And info lainnya:
    - kampas rem belakang tebal, klo yg depan kaya'nya dah tipis,
    - roda depan belakang pake rem disk (cakram),
    Klo kata teman klo handbrake mobil ane roda depan, jadi terarah sebabnya adalah kampas mesti ganti?bener ga ya?? pls help, thanks


  7. El Jepe Says:

    siang tadi ane abis 165 rb x 2 (karena kabelnya sendiri di lancer sl ane) jadi 330 ribu untuk nebus kabel handrem mobil ane, plus ganti oli jadi 500 lebih dah.. abis segitu tapi ndak keliatan... hiks.. tapi ndak papa sih..



  8. Anonymous Says:

    seep mas bro


  9. Anonymous Says:

    kalo di hyunday sama ngga ya mas bro...?
    tq


  10. beben Says:

    ya punya saya hyundai accent sama ngga ya..?


  11. titan Says:

    untuk hyunday accent. saya rasa cara kerjanya mirip. meski gak sama prinsipnya pasti mirip. mungkin bedanya kalo sedan pakek cakram. tapi untuk rem tangan pasti ada kabel penariknya. dan ada stelannya (untuk rem tangan) faktor utama dipastikan kampas remnya masih bagus. kalo rem kaki ok tapi rem tangan kurang seep. bisa disetel kabel rem tangannya. kalo rem tangan ditarik terasa berat biasanya kabel rem kotor/berkarat. dilepas aja terus dibersihkan. jangan pakek oli(penting karena akan menimbulkan kerak) pakek aja bensin dan biarin kering. semoga membantu


  12. Anonymous Says:

    Anonymous
    December 15, 2012 5:40 AM

    untuk yang bingung handrem nya roda belakang ato depan.. tinggal di ikuti aja arah kabelnya. cuman resikonya harus masuk kekolong mobil. buat mas bro yang kaum executive mending pakek tukang aja gak kotor.. heheheheheh. peace


  13. Anonymous Says:

    Mas bro,

    Mau tanya , kalo ane ada minibus carry careta 1000 , jika habis dipakai hand brake sepertinya gak mau kembali melepas remnya, atau kalo pas udah lama diparkir kira2 seminggu 2 minggu sepertinya remnya masih nyantol, biasanya kalo begitu mobil dijalankan pada saat awal saja, selanjutnya terasa normal lagi.
    Kira-kira apakah permasalahan nya ya untuk kasus diatas ?

    terima kasih


  14. Anonymous Says:

    masalah nya mungkin terlalau lama sampai 1 mingguan gitu..rem tanggan buat parkir sebentar aja fungsi yg idel mas..kalau seminggu lebih baik pakai ganjalan kayu atau batu..begitu mas.....dan rem tanggan jadi ngak capek kerjanya..ibarat karet di tarik selama seminggu pas di lepas karet nya jadi melar dan ngak sempurna lagi baliknya..lobeh istilah jermannya...


  15. Anonymous Says:

    bgus mas brow, tp sy ada problem, ke pakem-an rem pada 4 roda tidak sama, jd setiap pengereman roda kiri depan dan belakang selalu meninggalkan jejak ban (hitam diaspal) yang menandakan 2 roda tersebut benar2 tidak berputar saat pengereman, tp roda kanan depan dan belakang tdk demikian, sudah bolak balik bengkel, sudah gonta ganti yg sy ga ngerti tetep aja, tolong pencerahannay, thanks


  16. Rizky Andika Says:

    bro mau tanya dong kalo hand brake pas ditarik kekencengan kaya ada suara yng patah kira kira suaranya muncul dari mana ya ? soalnya abis kejadian itu hand brake saya jadi kurang pakem , tapi waktu abis kejadian itu rem tanganya bener bener blong tapi makin lama jadi lumayan pakem tapi ga kaya awal lagi , kira kiraa itu bagian mananya ya bro yang rusak ? kalo estimasi harga ke bengkel berapa yaa bro ? makasiihh


Post a Comment